In Motion

Menuju Winter!! ~Persiapan Camping~

Kisah mengenai keinginan untuk camping di kala winter ini sepenuhnya atas inisiatif Pak Pramana. Kalau saya sendiri tadinya memilih untuk menyewa mobil SUV biasa untuk road trip lalu malamnya menginap di hotel seperti perjalanan yang selalu kami lakukan di KL. Tapi, dikarenakan kebanyakan membaca blog orang yang menceritakan serunya pengalaman menggunakan campervan, juga dari pengalaman temen-temen yang udah pernah ngejalanin, akhirnya kami memutuskan untuk beneran campervan-ing.

Tips buat memilih camper van dan pertimbangannya udah dibahas di posting-an sebelumnya, di Menuju Winter!! ~Memilih Campervan~. Sekarang saatnya ngebahas, apa-apa aja yang perlu dibawa sepanjang perjalanan.

  • Winter attire! Masih inget kan, kalau ini akan jadi winter pertama kita yang beneran ada saljunya sihiiiy!! Jadi bisa dipastikan kami memang nol banget dalam pakaiannya. Manalagi kami akan tidur di dalam mobil, jadi agak lumayan ekstra persiapan kali ini. Yang pasti, belajar dari pengalaman orang-orang, kami harus punya beberapa hal kayak :
    1. Jaket winter yang ringan. Jadi kami survey jaket kayak apa yang bakal jadi kebutuhan, trus menanti dengan sabar kapan tu jaket diskon. Hahaha 😝 Ya mahaaal sih ya harganya.
    2. Sepatu yang waterproof. Penting ga penting, harga sepatunya juga ga murah, jadi saya sih ga beli ya, saya bawa sepatu dua aja, satu buat cadangan kalau basah. Pak Pramana yang super excited dan memang sepatu outdoor-nya kurang mumpuni, jadi dia belilah si sepatu itu.
    3. Long John naaah ini kami beli heattech yang dijual di Uniqlo itu aja. Masing-masing punya sepasang aja udah cukup, selebihnya kami mikir layering pake legging dan kaos dalam yang kita punya aja.
    4. Ear puff, sarung tangan dan kaos kaki. Untuk yang ini kami beli yang murah-murah aja di Daiso. Percayakanlah ke Daiso, mereka kan dari Jepang yang ada winter-nya juga, lagipula barangnya meski murah gak abal-abal.
  • Makanan 🍱 Sebenarnya, dengan camping atau pun gak, kami memang selalu travel dengan membawa ransum. Kenapa? Simple aja, gak perlu repot nyari makanan halal, menghemat waktu (karena harus mencari makanan halal) dan yang ketiga bisa makan kapan aja laper. Karena kalau lagi traveling biasanya laperan mulu hahaha..
  • Board game!! Demi memeriahkan suasana dan menciptakan momen yang tak terlupakan di liburan kali ini, kami membawa beberapa board game seru. Contohnya, ScrabbleUno, Mastermind ama Monopoly Deals. Udah pengalaman waktu terbang bersama AirAsiaX jurusan Haneda, terbang 7 jam tanpa inflight entertainment memang lumayan membosankan. Jadi si board game yang kami bawa kali ini bakal jadi multifungsi di pesawat dan di campervan.
  • Bookssss!! Buku sih masuk ke kategori essential untuk traveling kemanapun ya. Having them with us all the time makes us feel secure  🤓
  • Tanpa bermaksud mengecilkan negara tujuan, tapi kan sekali ini kami ga stay at one particular place, tiap hari in motion. Jadi stok Obat-obatan haruslah lengkap. Ntar lagi di highway mana, tepi danau apa trus ada yang alergi ama udara dingin, at least punya obatnya.
  • Last but not least.. Jangan lupa masukin lotion dan lip balm. Pengalaman waktu berangkat umrah pas musim dingin, dan ke Jepang pas angin masih bertiup tanpa mengingat siang dan malam, kulit jadi kering dan gatel. Belum lagi bibir yang jadinya kering banget dan mudah mengelupas. Jadi, sebelum lupa, dua barang ini segera masukin ke dalam ransel yang akan dibawa ke pesawat. Make sure that we have it in hand. 

Dengan daftar yang di atas aja, 2 koper ukuran 26 inch kita udah penuh. Well.. udah dapat tiket pesawat murah, boleh lah splurge di hal lainnya seperti bagasi hahaha..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s